ASAL MULA PERMAINAN DOMINO YANG KINI TENGAH POPULER

ASAL MULA PERMAINAN DOMINO YANG KINI TENGAH POPULER

ASAL MULA PERMAINAN DOMINO YANG KINI TENGAH POPULER

Domino mungkin sudah tidak asing lagi untuk didengar, ya domino atau yang akrabnya dikenal dengan gaple, domeng dan lain-lainnya. Domino adalah permainan kartu yang sangat banyak digemari oleh masyarakat, permainan ini tak kenal strata, kasta ataupun latar belakang keluarga. Biasanya dari perkampungan biasa, menengah hingga rumah mewah sekali pun permainan ini tetap dimainkan dan melengkapi mengisi kebosanan.
Domino ini asal mulanya berasal dari cina banyak juga yang menyebutkan mengenai asal usul permainan domino, namun semua masyarakat sepakat bahwa asal permainan ini berasal dari negeri Tiongkok. Pertama kali domino mulai dikenal di tahun 1120 masehi, tapi ada juga yang mengungkapkan bahwa domino mulai dimainkan oleh tentara Hung Ming pada sekitar tahun 181-234 masehi, sejarah lain juga mengatakan hal yang berbeda bahwa domino sudah dikenal pada masa Keung T’ai Kung pada 1.100 tahun sebelum masehi.
Tetapi ahli sejarah tradisi cina, Chu Sz Yam mengatakan hal yang sama bahwa domino sudah dikenal ditahun 1120 masehi, permainan ini dibuat oleh seorang pegawai negeri dan dipersembahkan untuk Kaisar Hui Tsung pada tahun 1120. Kemudian oleh Hui Tsung permainan ini mulai disebarkan ke seluruh penjuru dunia pada tahun 1127 hingga tahun 1163.
Ketika dari cina, permainan domino ini menyebar hingga eropa. Ahli sejarah lain Michael Dummet menulis bahwa di dalam buku Game of Tarot mengatakan bahwa di eropa, domino mulai banyak dimainkan di naples dan venice pada awal abad ke 18.

Apakah sama domino yang dimainkan di cina dengan domino yang dimainkan di eropa?

Kata domino bukan berasal dari cina, bisa saja saat pertama dipersembahkan kepada kaisar cina permainan tersebut masih menggunakan nama yang lain. Kata domino yang berasa dari bahasa latin yang disebut ‘dominus’ yang berarti adalah tuan rumah. Dalam bahasa skotlandia dan inggris ada juga kata yang merujuk dengan kata ‘domini’ yang berarti kepala sekolah.
Dengan jumlah kartu yang dimiliki dua puluh delapan buah, kartu ini dibagikan kepada empat orang pemain. Artinya setiap satu orang pemain akan mendapat tujuh kartu, permainan ini pada umumnya kadang dimainkan secara berpasangan ataupun perorangan. Aturan mainnya adalah setiap pemain menurunkan kartu dengan titik atau dengan angka yang sama. Memang terlihat sederhana, tetapi ada pola permainan yang terbentuk untuk mencari point yang lebih tinggi.
Dan juga sebagai seorang pemain domino kelas warkop, permainan ini sangat membutuhkan ketelitian, kejelian melihat peluang, kekompakan dengan pasangan jika kalian bermain dengan berpasangan dan juga dibutuhkan kekonsistenan. Seperti selayaknya bermain catur atau kartu lainnya, ternyata permainan ini tidak hanya menurunkan kartu yang sama saja, kita juga dilatih untuk mempelajari banyak aspek yang memeras pikiran. Tidak salah permainan ini juga menguras tenaga.
Tidak hanya itu saja, ternyata permainan ini mencerminkan sedikit karakter pemain dalam sehari-harinya, karena permainan ini adalah permainan yang dengan kartu yang berkait maka orang yang memainkan dituntut untuk tidak hanya memikirkan langkah sementara, akan tetapi juga dituntut untuk berfikir dua tiga langkah kedepan, menciptakan pola dan alur kartu yang saling berhubungan.

Domino sebagai cermin karakter
Pada permainan inilah karakter para pemain yang memainkannya mulai tercipta, atau mungkin karakter pemain yang menciptakan permainan. Ada juga pemain dengan visi jauh ke depan, berusaha mengambil poin sebanyak banyaknya, ada juga mereka yang bermain di titik aman berusaha untuk tidak kehabisan kartu yang cocok. Dan ada juga mereka yang bermain dengan pola egois dan mau menang sendiri, serta juga mereka yang dengan visi mematikan langkah lawan terdekatnya dan banyak pola lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *